Kamis, 15 November 2012

Type Data Sederhana

         Kali ini kita akan mencoba memahami type data yang ada pada C++, dengan mencoba script sederhana dibawah ini kita akan belajar type data int, float,double dan short integer dan sebagainya.. silahkan copas dulu script dibawah ini dan coba di running, jika berhasil maka kita memperoleh semangat baru untuk belajar 



#include <iostream>
#include <conio>
main()


{
int x,y,z;
gotoxy(1,2);cout<<" Perkalian sederhana";
gotoxy(1,4);cout<<" Masukkan Nilai x : ";cin>>x;
gotoxy(1,5);cout<<" Masukkan Nilai y : ";cin>>y;
gotoxy(1,6);cout<<" Hasil Perkalian Anda "<<endl;
z=x*y;
gotoxy(1,8);cout<<" x * y = z , "<<x<<" x "<<y<<" = "<<z<<endl;
cout<<"Terima Kasih Telah Mencoba program ini";
getch();
}

1. Tipe Data Karakter
Sebuah karakter, baik itu berupa huruf atau angka dapat disimpan pada sebuah variabel yang memiliki tipe data char dan unsigned char. Besarnya
data yang dapat disimpan pada variabel yang bertipe data char adalah -127 - 127. Sedangkan untuk tipe data unsigned char adalah dari 0 - 255. Pada dasarnya setiap karakter memiliki nilai ASCII, nilai inilah yang sebetulnya disimpan pada variabel yang bertipe data karakter ini. 


Untuk pendeklarasian variabel dengan tipe data karakter dapat dilihat seperti di bawah ini

char dataKarakter1;
unsigned char dataKarakter2;

2. Tipe Data Bilangan Bulat

Tipe data bilangan bulat atau dapat disebut juga bilangan desimal
merupakan sebuah bilangan yang tidak berkoma. Pada bahasa C terdapat bermacam-macam tipe data yang dapat kita gunakan untuk menampung bilangan bulat. Tipe data yang dapat kita gunakan antara lain adalah sebagai berikut :
Kita dapat menyesuaikan penggunaan tipe data dengan terlebih dahulu memperhitungkan seberapa besar nilai yang akan kita simpan. Contohnya seperti berikut, kiata akan melakukan operasi penjumlahan nilai 300 dan 100 dan hasilnya akan disimpan pada variabel c. Jika dilihat, hasil dari penjumlahan tersebut nilainya akan lebih besar dari 255 dan nilainya pasti positif, oleh karena itu sebaiknya kita menggunakan tipe data unsigned int. Namun berbeda halnya jika saya ingin melakukan operasi pengurangan -5 - 300, jika dilihat hasilnya akan negatif maka selayaknya digunakan variabel dengan tipe data int.

3. Tipe Data Bilangan Berkoma

Pada bahasa C terdapat dua buah tipe data yang berfungsi untuk menampung data yang berkoma. Tipe data tersebut adalah float dan double. Double lebih memiliki panjang data yang lebih banyak dibandingkan float. Tipe data double dapat digunakan jika kita membutuhkan variabel yang dapat menampung tipe data berkoma yang bernilai besar.
sumber (copas) supaya lebih cepat Terimakasih 

0 komentar:

Poskan Komentar